Coreldraw : pengertian, fungsi, kegunaan, keunggulan dan kekurangan.

Bagi seorang designer grafis software adalah komponen hal yang utama. Selain software sebuah karya desain juga harus memiliki perangkat atau alat untuk mengaplikasikannya atau disebut juga hardwere. Software yang sering digunakan oleh designer adalah adobe illustrator, adobe photoshop, adobe indesign, inkscape, sketch up, dan coreldraw tentunya.

pengertian-coreldraw


Coreldraw merupakan software Desain Grafis yang tidak kalah dengan software grafis yang lainya. Pada sekarang ini coreldraw juga biasa digunakan untuk  bisnis desain grafis baik diperusahaan, personal brand, dan yang lainnya. Dan coreldraw memiliki beberapa versi yang sudah diproduksi dari versi 1 pada tahun 1989 sampai sekarang dengan versi coreldraw graphic suite 2020 yang dipublish pada tahun sekarang.

Nah, kali ini materi yang akan dipaparkan yaitu tentang pengertian, fungsi, kegunaan serta keunggulan dan kekurangnnya. Jadi simak terus ulasannya sampai habis berikut ini.

Pengertian coreldraw

Coreldraw merupakan salah satu software desain grafis yang berbasis vector dan dikembangkan oleh Corel Corporation pada tahun 1987 yang didirikan oleh Michael cowpland yang berada di Ottawa, Canada. Secara garis besar, software coreldraw sering digunakan dalam hal percetakkan seperti poster, undangan, banner, sticker, logo dan masih banyak lagi.

Dalam software ini kamu bisa berimajinasi dalam memvisualisasikan sebuah karya desain yang bisa kamu kembangkan sebagai sebuah ladang bisnis yang menjanjikan, kamu juga bisa membuat personal brand kamu untuk kemudian dipublish yang bertujuan untuk memikat calon pelanggan.

Baca juga : Macam macam contoh multimedia dan fungsinya lengkap

Software ini juga sangat mudah digunakan karena fitur yang mudah dimengerti bahkan oleh orang awam sekalipun. Dengan tool dan menu yang disediakan jika digunakan secara maksimal maka karya yang dihasilkan akan semakin menarik. Dalam hal ini kamu juga perlu mengetahui apa itu desain grafis?.

Fungsi coreldraw

Coreldraw juga memberikan kemudahan untuk penggunanya untuk menghasilkan karya visual yang elegan dan dengan hasil yang tidak kalah baik dengan bitmap karena berbasis vector. Kamu juga bisa bermain shaping seperti weld, trim, intersect, simplify, front minus back, back minus front, dan create boundary.

Kegunaan coreldraw

Dalam kehidupan sehari hari pasti kita tidak terlepas dari hasil karya desain yang kita sering jumpai seperti desain undangan, brosur atau pamphlet, banner ataupun yang lainnya. Dan software corel ini memiliki banyak sekali kegunaan dalam hal tersebut, berikut kegunaannya :

1. Membuat sampul atau cover buku 

Kalian pasti pernah melihat sampul buku yang memiliki gambar berbeda beda disetiap bukunya, dan karena sampul buku itulah yang bertujuan agar buku itu terlihat menarik oleh anak anak yang masih bersekolah ataupun mahasiswa. Jadi desain dalam pembuatan sampul buku software ini juga tidak kalah dengan competitor pesaingnya yaitu adobe illustrator.

2. Membuat desain logo

Logo harus memiliki makna yang sangat penting bagi suatu nama instansi yang dapat menjunjung tinggi popularitas nama suatu brand agar mudah dikenal dan diminati oleh banyak orang. Jadi tidaklah heran kalau perusahaan besar juga harus memiliki logo agar mudah dikenal, maka dari itu sebuah logo juga memilki makna yang mendalam pada instansi tertentu dan bahkan bisa dibandrol dengan harga yang sangat tinggi jika dibeli oleh suatu perusahaan ternama. Software coreldraw ini juga bisa salah satu media untuk pembuatan desain logo yang profesional.

3. Membuat undangan atau brosur

Dalam sebuah undangan atau brosur hal yang terpenting adalah penempatan jenis font yang digunakan, dimana dalam coreldraw kalian bisa menambahkan jenis font yang kalian inginkan untuk keperluan desain. Jadi dalam hal ini undangan juga akan terlihat menarik karena penggunaan font yang tepat.

4. Membuat ilustrasi

Coreldraw juga bisa digunakan untuk membuat desain ilustrasi yang tidak kalah dengan adobe illustrator yang dimana kalian juga bisa menggunakan pen tool, freehand tool, 2-point line, 3-point curve dan sebagainya untuk membuat ilustrasi dengan mudah.

5. Membuat kartun

Kalian bisa menggunakan software ini untuk membuat desain kartun seperti  objek hewan, manusia, tumbuhan dan lain sebagainya dengan garis dan lengkungan. Dimana disoftware ini kalian bisa membuat kartun 2 dimensi yang kalian inginkan dengan mudah.

Baca juga : Bisnis desain grafis untuk anak muda yang menguntungkan

Keunggulan dan kekurangan software coreldraw

Setiap produsen pasti menginginkan hasil dengan kualitas produk terbaik agar para konsumen merasa puas terhadap produk yang dihasilkan. Akan tetapi ada saja sebagian orang yang merasa kurang puas terhadap produk yang dihasilkan, hal tersebut lah yang menjadi bahan evaluasi bagi setiap produsen untuk memberikan hasil yang terbaik terhadap produknya. Maka dari itu berikut keunggulan dan kekurangan software coreldraw berikut ini.

Untuk kelebihan software coreldraw diantaranya :

1. Banyak tool yang disediakan

Keunggulan yang menonjol dari software corel adalah penggunaan tool tool yang disediakan sangat membantu dan mudah digunakan bagi para desainer bahkan bagi orang awam sekalipun. jadi sangat membantuk untuk para desainer untuk berkreatifitas sesuai dengan tool yang digunakan sehingga menghasilkan hasil yang menarik.

2. Hasil gambar vector yang dihasilkan berkualitas

Berbeda dengan bitmap, vector terdiri dari rangkaian garis yang dibuat dengan rasio dan ukuran tertentu sehingga ketika gambar yang dihasilkan diperbesar resolusi gambar tidak akan pecah seperti bitmap. Sehingga hasil karya yang dihasilkan lebih maksimal untuk di produksi seperti dalam hal percetakkan yang dimana hasil vector akan lebih bagus dibandingkan dengan hasil bitmap.

3. Banyak jenis format import dan export yang disediakan

Dalam langkah langkah membuat sebuah karya pertama adalah memasukkan objek visual kedalam bidang atau lembar kerja atau disebut juga dengan Import. Sedangan tahapan terakhir yang perlu dilakukan adalah merender hasil karya tersebut kedalam bentuk format yang nantinya akan diproduksi atau disebut juga dengan Export.

Dalam software coreldraw tersedia beberapa format populer yang bisa digunakan untuk mentukan hasil akhir yang ingin dihasilkan. Format popular yang digunakan untuk import dan export diantaranya : PDF, DWG, TIF, AI, PSD dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk kekurangan pada software coreldraw yaitu :

Color palette yang digunakan harus di koreksi sebelum hasil karya publikasikan 

Dalam sebuah desain karya yang dihasilkan tidaklah jarang ketika hasil karya yang dihasilkan warnanya berbeda dengan hasil cetakkan, dan bahkan hasil yang ada dikomputer, laptop, dan handphone tidaklah sama warnanya sehingga menjadi masalah besar bagi desainer grafis untuk mengoreksi hasil karya yang dihasilkan.

Dalam dunia desain grafis software coreldraw juga sering digunakan oleh para desainer dan tidak kalah saing dengan software desain yang lainnya. Oke teman jadi itulah penjelasan yang saya sampaikan mengenai software Coreldraw yang berisi pengertian, fungsi, kegunaan, keunggulan dan kekurangan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua, jika ada kesalahan dalam artikel ini saya mohon untuk dimaafkan.

0 Response to "Coreldraw : pengertian, fungsi, kegunaan, keunggulan dan kekurangan."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel