Macam macam contoh multimedia dan fungsinya lengkap

Jaman dulu, kita hanya mengetahui multimedia dengan alat alat sederhana seperti halnya speaker dan layar komputer yang terhubung secara langsung. Namun, sekarang jaman sudah semakin canggih dengan berbagai macam contoh alat multimedia yang dilengkapi dengan fungsi yang beragam. Anda tentu sudah sering menemuinya dalam kehidupan sehari hari. Bisakah Anda menyebutkan contoh peralatan multimedia?


Banyak orang sudah memanfaatkan semaksimal mungkin perangkat multimedia yang ada disekitar mereka. Namun, masih ada saja orang yang belum menyadari pentingnya perangkat tersebut dalam kehidupan untuk mempermudah dalam segala urusan. Berbagai alat multimedia digunakan dalam banyak bidang. Mulai dari Pendidikan, bisnis, perdagangan dan lain sebagainya.

Sebagai berikut kita akan bahas beberapa contoh peralatan multimedia yang paling banyak digunakan dan bermanfaat.

1. Printer

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat yang satu ini. Perangkat ini merupakan salah satu perangkat multimedia yang sangat dibutuhkan dalam sebagian besar kehidupan kita. Mulai dari dunia pekerjaan baik bisnis maupun perkantoran, pendidikan dan masih banyak lagi yang lainnya. Fungsi salah satunya yang utama adalah untuk mencetak berkas atau dokumen, mencopy dokumen, melakukan scanner dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Komputer

Komputer banyak digunakan dalam berbagai urusan. Kegunaannya yang sangat beragam mulai dari mencari informasi, mengolah data, menyimpan data dan masih banyak lagi. Apalagi sekarang semakin dipermudah dengan kehadiran laptop yang lebih canggih dari komputer karena bisa dibawa kemana mana. Namun, tentunya baik komputer atau laptop sama sama memiliki kelebihan dan kelemahannya masing masing.

3. Speaker

Anda pasti sudah sering menggunakan speaker dalam aktivitas sehari hari. Misalnya untuk memperbesar suara atau audio, mendengarkan musik dan lain sebagainya. Dari periode ke periode speaker terus diperbaharui dengan fasilitas dan fitur yang canggih. Sesuai dengan fungsinya sendiri sebagai perangkat output dalam menghasilkan suara sudah tentu sangat bermanfaat.

4. Aplikasi Multimedia

Aplikasi multimedia adalah perangkat lunak yang dimanfaatkan untuk bisa menjalankan fungsi dari multimedia itu sendiri pada komputer. Contoh aplikasi multimedia yang paling sering digunakan adalah CD atau DVD pada komputer. Dengan adanya perangkat multimedia yang satu ini tentu akan memenuhi kebutuhan Anda.

5. Sound Card

Selanjutnya yang akan kita sebutkan dalam daftar ini adalah sound card atau yang biasa kita kenal dengan sebutan kartu suara. Perangkat ini terhubung pada motherboard atau papan induk yang mempunyai fungsi sebagai alat untuk mengontrol suara. Baik suara yang masuk pada saat merekam ataupun suara keluar melalui perangkat speaker.

Uraian diatas adalah contoh alat multimedia paling populer yang seringkali kita gunakan untuk menunjang aktivitas atau kegiatan tertentu. Biasanya sangat bermanfaat dalam mempermudah urusan pekerjaan ataupun proses belajar. Kedepannya tentu teknologi akan semakin maju yang akan membuat teknologi perangkat multimedia semakin canggih pula. Semoga Anda bisa memanfaatkannya secara maksimal.

0 Response to "Macam macam contoh multimedia dan fungsinya lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel