Pengertian dan produk multimedia secara singkat dan padat

Pengertian multimedia–Dalam bidang teknologi pada sekarang ini sudah sangat berkembang pesat, terlebih pada bidang multimedia. Betapa informasi informasi dari beberapa sumber media sangatlah  mudah untuk kita dapatkan, selain dari segi informasi multimedia juga biasa digunakan sebagai sarana bisnis yang cocok untuk dilakukan oleh anak anak muda zaman sekarang yang menjalankan bisnis secara online. Dengan demikian dalam bidang multimedia memiliki impact besar terhadap dunia pendidikan yaitu sebagai sarana belajar mengajar serta komunikasi visual terhadap karya yang di hasilkan seperti media pembelajaran interaktif, video, desain.

Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang pengertian multimedia dan produk yang dapat dihasilkan dari bidang multimedia.

pengertian dan produk multimedia


Secara bahasa arti multimedia terdiri dari 2 suku kata yaitu multi yang berarti banyak, sedangkan media adalah sebuah perantara untuk menyampaikan informasi (pesan) yang terdapat elemen elemen seperti teks, gambar, audio, dan video.

Secara harfiah multimedia adalah alat komunikasi visual untuk menyampaikan sebuah informasi yang berupa text, gambar, audio, video dari satu orang ke orang yang lain.

Nah, selain pengertian yang telah saya jelaskan tadi sangat penting untuk kita terlebih lagi jika kita ingin mendalami bidang multimedia yaitu macam macam produk atau karya apa saja yang dapat dihasilkan dalam bidang multimedia?

Baca juga : Inilah Manfaat Multimedia Pembelajaran yang Interaktif

Untuk mengetahui secara lebih lengkapnya terkait apa saja macam macam produk atau karya yang dapat kita peroleh dalam multimedia, yuk simak informasinya berikut ini.

Ada 2 macam produk multimedia yang perlu kita ketahui, yaitu:

A. Multimedia communication

Dapat diartikan sebagai sarana komunikasi secara visual melalui media televisi, siaran radio, internet, dan masih banyak lagi. Dalam konteks ini pesan atau informasi bertujuan disampaikan melalui perantara media kepada orang banyak.

B. Multimedia content production


1. Media Pembelajaran Interaktif (MPI)

Dalam penerapan multimedia yang satu ini kita dapat membuat sebuah media pembelajaran interaktif yang dikemas agar terlihat lebih menarik dan tidak terkesan membosankan. Terlebih lagi untuk seorang guru agar lebih interaktif dalam kegiatan belajar mengajar, pada umumnya media pembelajaran interaktif bisa kita buat melalui software adobe flash, power point dan lain sebagainnya.

2. Animasi

Animasi dalam konten produksi multimedia merupakan objek yang yang asalnya suatu benda mati dan digerakkan secara berurutan dalam posisi yang berbeda beda sehingga seolah olah terlihat hidup. Ada 2 jenis animasi yang perlu kita ketahui yaitu animasi 2 dimensi dan 3 dimensi.  Animasi juga bisa dibuat melalui software adobe animation, flash, toonboom software, dan masih banyak lagi.

Baca juga : 12 prinsip dasar animasi 2 dimensi berserta penjelasan lengkap

3. Video

Dalam sebuah video informasi yang kita dapatkan bisa melalui audio dan gambar yang dalam penyampaian informasi akan lebih mudah untuk dipahami oleh orang banyak. Untuk software editing video menggunakan software adobe premiere pro, vegas pro, dan lain sebagainya.

4. Teks

Dalam hal ini teks merupakan media yang menyampaikan sebuah informasi melalui tulisan yang diketik oleh penulis untuk orang banyak yang bisa saja berupa artikel atau surat kabar.

5. Gambar

Sebagai alat komunikasi, dalam mengilustrasikan sebuah gambar juga harus dibuat sedemikian rupa agar ketika orang lain meliannya bisa langsung mengerti pesan apa yang disampaikan oleh seorang desainer. Gambar juga terdiri Bitmap (pixel) dan Vector (garis), dimana gambar yang berbasis bitmap ketika diperbesar akan pecah resolusi gambarnya. Sedangkan vector ketika gambar diperbesar tidak akan pecah resolusinya. Software yang berbasis bitmap ada photoshop, sedangkan software berbasis vector ada coreldraw, adobe illustrator, dan flash.

6. Audio.

Akan lebih mudah ketika menyampaikan informasi melalui audio atau suara yang bisa berupa musik dan radio. Software untuk editing audio bisa menggunakan adobe audition, sedangkan untuk perekam suara bisa juga dengan software camtasia atau yang lainnya.


Demikianlah ulasan singkat tentang pengertian multimedia dan produk yang dapat dihasilkan dari bidang multimedia. Bagi anda yang berminat pada bidang multimedia, semoga informasi ini dapat membantu.

0 Response to "Pengertian dan produk multimedia secara singkat dan padat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel